-->

Makanan yang Cocok dan Bagus bagi Penderita Maag Pada Saat Puasa

Makanan yang Cocok dan Bagus bagi Penderita Maag Pada Saat Puasa


Bulan puasa identik dengan kambuhnya sakit maag? Wah, tersebut berlebihan kok teman-teman. Yuk, simak jabaranku sebagai berikut supaya sakit maag kamu dapat diantisipasi dan puasa di bulan Ramadhan tetap jalan maksimal. Termasuk di antaranya ialah makanan yang cocok untuk penderita maag.

Untuk teman-teman yang mengidap masalah maag, barangkali datangnya bulan Ramadhan masih membawa kekhawatiran tersendiri. Perut kosong sekitar paling tidak 13 jam seringkali diasumsikan dapat mengakibatkan maag kambuh dan mengurungkan puasa. Sayangnya, asumsi yang tidak cukup tepat ini justeru membuat anda urung berpuasa sama sekali.

Padahal puasa tersebut justru tidak sedikit memberikan manfaat, baik secara nilai-nilai religi maupun kesehatan. Sebetulnya melulu berbekal perencanaan yang tepat, maka puasa masih dapat tetap dijalankan sebagaimana harusnya. Tapi ada sejumlah hal nih yang dapat diantisipasi dari sakit maag anda – bahkan semenjak sebelum bulan Ramadhan dimulai.

Nah, apa sajakah itu? Aku akan untuk dalam sejumlah tahap ya.

Kenali dulu penyebabnya

Makanan yang Cocok dan Bagus bagi Penderita Maag Pada Saat Puasa


Penyakit maag secara kedokteran dikenal dengan istilah gastritis atau dispepsia, yakni peradangan dalam lambung yang mengakibatkan rasa perih dan dapat menyebabkan mual sampai muntah. Melalui pengecekan endoskopi, maka kamu dapat mengidentifikasi dua bisa jadi penyebabnya.

Yang kesatu ialah dispepsia fungsional atau sakit maag yang tidak mempunyai kaitan dengan masalah kelainan anatomi. Sementara dispepsia organik ialah kebalikannya – contohnya sakit maag terjadi sebab adanya luka pada kerongkongan, lambung, usus, dan sejumlah kondisi anatomis lainnya.

Lakukan identifikasi ini semenjak sebelum Ramadhan, teman-teman. Sehingga kamu dapat cegah atau minimalisir resiko kambuh dengan mengerjakan pengobatan dan hal-hal lainnya. Tapi guna kali ini aku akan kupas khusus tentang dispepsia fungsional yang kasusnya lebih umum.

Ketika maag kambuh

Makanan yang Cocok dan Bagus bagi Penderita Maag Pada Saat Puasa


Berdasarkan keterangan dari para dokter, sesudah 6 hingga 8 jam perut dalam suasana kosong maka kadar asam lambung berpotensi naik dan mengakibatkan rasa perih. Kabar baiknya ialah ini merupakan fenomena yang seringkali hanya terjadi pada seminggu kesatu saja. Bila puasa anda rutin, semestinya fenomena ini tidak bakal terjadi lagi di sisa masa-masa Ramadhan. Ditambah dengan mengonsumsi makanan yang cocok untuk penderita maag maka semuanya dapat diantisipasi.

Bila maag kambuh maka obat yang umum digunakan ialah antasida. Tersedia dalam format tablet atau cair, obat ini bakal menetralisir asam lambung yang terlampau tinggi dan menghilangkan rasa perih. Selain tersebut fungsinya ialah untuk mengayomi dinding lambung dampak asam yang terus diproduksi sekaligus untuk menolong mencerna makanan. Bila situasi ternyata lebih kompleks, maka usahakan anda berkonsultasi dengan dokter dan seringkali ada sejumlah pilihan obat beda dengan destinasi yang lebih spesifik.

Makanan yang cocok untuk penderita maag

Makanan yang Cocok dan Bagus bagi Penderita Maag Pada Saat Puasa


Bila maag terjadi pada orang yang sehat, maka lumayan dengan menata menu ketika sahur dan berbuka dengan benar. Hindari makanan-makanan yang tidak sedikit berisi gas laksana kol atau sawi. Selain tersebut ada pun minuman-minuman yang dapat memancing naiknya asam lambung laksana kopi, jeruk, atau susu. Begitupun guna minuman bersoda sebab berisi gas.

Selain tersebut hindari makanan yang sulit dipahami dan merangsang hadirnya maag – laksana makanan berlemak, kue-kue, coklat, dan pun keju. Selain tersebut hindari pun makanan yang dapat langsung merusak dinding lambung laksana yang pedas-pedas atau berisi cuka. Namun di kala badan telah prima nanti, mengonsumsi makanan bareng cuka apel ternyata dapat juga memberikan guna positif untuk kesehatan lainnya.

Makanan yang cocok untuk penderita maag dibuka dari karbohidrat yang dipahami perlahan laksana gandum-ganduman atau nasi merah. Di samping lebih sehat, makanan ini dipahami lebih lama sampai-sampai rasa kenyang pun semakin panjang. Buah yang sesuai untuk penderita maag ialah kurma yang nilai gizinya paling tinggi. Selain tersebut ada pun kacang badam, pisang, dan pun madu. Jangan lupa pun untuk minum air yang cukup.

Apabila anda harus minum obat, maka sahur ialah saatnya. Jadi tidak boleh lupa guna bangun lebih awal supaya semua keperluan nutrisi dan penyembuhan kamu dapat terpenuhi dengan baik.

Ketika nyeri tersebut kambuh, maka melulu kamu yang dapat menilai sendiri apakah badan masih tetap kuat guna melanjutkan atau tidak. Sekiranya paling mengganggu, puasa bulan Ramadhan dapat diganti dengan hari beda kok teman-teman. Yang urgen ikhtiar anda sudah maksimal semenjak awal.

Semoga dengan kiat-kiat tadi puasa anda di bulan Ramadhan ini bakal menjadi lebih maksimal ya! Selain tersebut ada pun tips-tips sehat lainnya supaya bisa bugar ketika tarawih di bulan puasa ini. Dalam suasana yang sehat, pastinya acara buka puasa yang dinanti-nantikan tersebut dapat dirayakan bareng keluarga!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan yang Cocok dan Bagus bagi Penderita Maag Pada Saat Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel